Fokammsi’s Weblog

Forum Kajian Mahasiswa Magister Studi Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta

FOKAMMSI UMS

Fokammsi UMS adalah kelompok kajian yang dirintis oleh mahasiswa Magister Studi Islam UMS dengan konsentrasi di bidang Pemikiran dan Peradaban. Kelompok ini dimaksudkan dapat merespon serta mengantisipasi arus pemikiran dan gerakan westernisasi wacana ke Islaman yang saat ini marak disuarakan oleh kelompok liberal.

I. Latar Belakang

Salah satu gejala yang akhir-akhir ini cukup menonjol dikalangan cendekiawan dan akademisi Muslim Indonesia adalah usaha untuk mengembangkan ide-ide yang berasal dari filsafat, kebudayaan dan pemikiran Barat. Oleh sebab itu gerakan yang disebut dengan liberalisasi pemikiran keagamaan, pluralisme agama, feminisme, gender, humanisme, dan lain-lain marak dimana-mana dan bahkan memperoleh dukungan luar negeri dengan mudahnya.

Karena ide-ide seperti tersebut diatas dilontarkan oleh cendekiawan dan akademisi” sudah tentu menimbulkan kebingungan (confusion) yang luar biasa terhadap masyarakat Muslim baik masyarakat awam maupun terpelajar. Kebingungan itu utamanya disebabkan oleh adanya pertanyaan-pertanyaan “baru” dari arus pemikiran Barat dan solusi-solusi “baru” yang tidak berasal dari tradisi pemikiran Islam. Pertanyaan-pertanyaan itu, sebenarnya bersumber dari kajian orientalisme dan pemikiran Barat yang telah berumur ratusan tahun. Selain kuatnya tradisi orientalisme dan filsafat Barat, dukungan kekuatan ekonomi dan politik Barat, menyebabkan banyak cendekiawan Muslim yang menerima paham dan gerakan itu secara antusias dan tidak kritis.

Arus pemikiran yang berasal dari pandangan hidup dan kebudayaan asing (Barat) ini tidak dapat direspon dengan baik kecuali dengan meletakkan Islam sebagai pandangan hidup dan peradaban. Sebab pemikiran dalam Islam adalah cermin dari pandangan hidup (worldview) Islam yang dipancarkan oleh konsep Islam sebagai Din. Pandangan hidup Islam tercipta dari adanya berbagai konsep yang dibawa oleh al-Qur’an seperti konsep Tuhan, Alam, manusia, kebahagiaan, akhlaq, ilmu, iman, amal dan lain-lain. Dari sinilah nantinya dapat diketahui bahwa Islam sebagai sebuah pandangan hidup adalah benar-benar berbeda dari pandangan hidup Barat dan konsep-konsep bawaannya. Jika Islam dipahami dengan sedemikian rupa maka pemahaman atau penafsiran terhadap Islam yang membingungkan yang di bawa oleh Barat dan Orientalis itu itu dapat dengan mudah diketahui dan direspon.

Selain problem liberalisasi pemikiran Islam, saat ini ummat Islam juga mengalami tantangan yang tidak kalah berat dengan gerakan kristenisasi, liberalisasi ekonomi yang menyebabkan pemiskinan ummat Islam secara akut dan liberalisasi budaya yang menyebabkan jauhnya ummat dari akhlaq Islam. Arus pemikiran dan gerakan ini begitu besar dan masalah yang dihadapi sangat kompleks, sementara kesadaran masyarakat akan bahayanya masih relatif kecil.

Oleh sebab itu diperlukan kelompok kajian yang khusus merespon serta mengantisipasi arus pemikiran dan gerakan ini. Hal ini dimaksudkan agar ummat Islam, mengenal lebih detail knosep-konsep yang berasal dari pandangan hidup Barat, khususnya konsep-konsep yang telah masuk kedalam pemikiran-pemikiran keislaman. Selanjutnya, diharapkan agar mereka mengembangkan sikap-sikap kritis terhadap pemikiran dan konsep-konsep yang berasal dari pandangan hidup asing untuk kemudian meresponnya dengan cara-cara yang efektif dan penuh hikmah.

II. Agenda FOKAMMSI UMS

1. Mengkaji dan memperluas wawasan tentang hakekat pandangan hidup Barat dan konsep-konsep yang dibawanya.

2. Memperkenalkan bentuk-bentuk serangan pemikiran Barat dalam berbagai bidang terhadap umat Islam di Indonesia khususnya dan di dunia Islam umumnya

3. Mengembangkan sikap apresitatif para ulama terhadap khazanah pemikiran Islam dan membangun sikap kritis dalam merespon pemikiran keislaman yang telah westernized.

4. Melakukan penelitian dan kajian ilmiah di bidang kebudayaan, ekonomi keummatan, kristenisasi serta kristologi.

5. Bekerja sama dengan organisasi-organisasi ummat Islam untuk merumuskan agenda praksis dakwah Islam di masyarakat.

III. Keanggotaan dan Pembagian Bidang Kajian FKMMSI UMS

Dewan Pembina

Dr. Hamid Fahmi Zarkasyi, M.A, M.Phil

Dr. Abdul Khalik Hasan, M.A, M.Ed

Dr. Mu’inudinillah Basri, M.A

Drh. Adian Husaini, M.A, Cd Dr.

Drs. Syamsul Hidayat, M.A

Koordinator : Arif Wibowo, SP

Bidang Kajian Liberalisasi Pemikiran Islam

· Arif Wibowo, SP

· Mulyanto, S.Pdi

Bidang Kajian Kristenisasi dan Kristologi

· Dra. Dewi Purnamawati

. Susiyanto, SE

· Dra. Dyah Siti Nuraini

Bidang Kajian Pemikiran Islam

· Isa Anshori, S.S

· Suparno, S.Pd

· Fahrur Mu’is, S.Pdi

Bidang Kajian Budaya Islam

· Burhan Shodiq, S.S

· Muhammad Muslih, S.Pd

IV. Aktifitas FOKAMMSI UMS

Beberapa aktifitas yang sudah sudah dan akan dijalankan FKMMSI UMS adalah :

· Pertemuan rutin seminggu sekali untuk membahas topik-topik terbaru seputar liberalisasi Islam, Kristenisasi dan melakukan perumusan masalah.

· Kajian rutin tentang kristenisasi dan kristologi dengan beberapa ta’mir masjid.

· Bekerja sama dengan Forum Ukhuwah Jama’ah Masjid (FUJAMAS) mengadakan Seminar Penanggulan Pemurtadan dan Kristenisasi di Auditorium UMS tanggal 06 April 2008.

Agenda yang sedang dipersiapkan

· Kuliah Umum “Membedah Islam Madzhab Orientalis”, dengan Pembicara Dr. Syamsudin Arif di Auditorium UMS tanggal 23 April 2008

· Bedah Buku “Orientalis dan Diabolisme Pemikiran”, dengan pembicara Dr. Syamsudin Arif (Penulis buku Diabolisme Intelektual), Henry Shalahudin M.A (Penulis buku Al Qur’an Dihujat) di ruang Seminar Pasca Sarjana UMS. Dengan menghadirkan para dosen dan guru agama Islam di Suarakarta dan sekitarnya. Tanggal 27 April 2008.

· Diskusi “Membedah Film Fitna dan Ketakutan Barat Terhadap Islam” bekerja sama dengan Forum Komunikasi Aktifis Masjid di Masjid Fadlurrahman UMS pada tanggal 27 April 2008.

· Workshop Penulisan Ilmiah di Pondok Pesantren Modern Gontor Ponorogo pada awal Mei 2008

· Mengadakan workshop tematik mengenai “Membedah Liberalisasi Pemikiran Islam” dan “Membedah Kristenisasi”, bekerja sama dengan Organisasi-organisasi Islam dan lembaga-lembaga pendidikan Islam.

Sebagai komunitas yang bergerak di dunia akademis dan ilmiah FOKAMMSI UMS siap bekerja dengan pihak manapun untuk kepentingan dakwah dan pengembangan Islam.

X. Penutup

Kami berharap pembentukan Forum Kajian Mahasiswa Magister Studi Islam UMS (FOKAMMSI UMS) mampu menumbuhkan sikap kritis terhadap pemikiran keagamaan Islam yang di “adopsi” dari pandangan hidup dan konsep-konsep asing khususnya Orientalis Barat, serta menghidupkan sikap apresiatif ummat Islam terhadap tradisi pemikiran Islam. Semoga Allah memberi petunjuk kepada kebenaran dan petunjuk untuk mengikutinya, memberi petunjuk tentang kebatilan dan petunjuk untuk menjauhinya. Amien

Satu Tanggapan to “FOKAMMSI UMS”

  1. Choirul said

    Assalamu’alaikum
    apakah antum mengetahui biografi, Dr. Mu’inudinillah MA , ana minta ya?? sukron jazakumullah khairan katsiran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: